Sabtu, 08 Maret 2014

LKS SMK adp



LEMBAR KERJA SISWA
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

1.    Topik                               : Menerima Panggilan Telepon Masuk
2.    Mata Pelajaran              : Dasar Kompetensi kejuruan
3.    Kelas/Semester               : X/Ganjil
4.    Waktu                             : 1 x pertemuan (2 x 45 menit)
5.    Kompetensi Dasar          : Respon untuk Panggilan Masuk
6.    Petunjuk belajar : a. Bentuklah kelompok secara berpasangan masing-
     masing 2 orang.  
b. Carilah video tentang menerima telepon.
Berikut gambar ilustrasi percakapan melalui telepon:
 (Denik)                                               (Fika)

Fika          : “Selamat pagi, Fika disini, ada yang bisa saya bantu?“.
Denik       : “Saya ingin berbicara dengan pak Alaik“.
Fika          : “Maaf, bolehkah saya mengetahui dengan siapa saya
berbicara?”
Denik       : “Dengan Ibu Denik“.
Fika          : “Baik ibu, dapat Anda tunggu sementara saya periksa apakah
bapak masih ada di ruang kantornya?”
Denik       : “iya”.
Fika          : “Mohon maaf, Bapak Alaik sedang menghadiri rapat, apakah
    ada pesan yang dapat saya  sampaikan?”
Denik       : “Tidak, nanti saya telepon kembali”
Fika          : “Dapatkah anda meninggalkan nomor yang dapat kami
hubungi?”
Denik       : “iya, 081321456789”.
Fika          : “Saya ulangi Bu, 081321456789“.
Denik       : “iya terimakasih, selamat pagi”.
Fika          : “Selamat pagi“.

7.    Informasi           
Praktik dilaksanakan mulai tanggal 4 Desember 2013, setiap pertemuan ada 5-10 pasang untuk mempraktikan di depan kelas. Ketika mempraktikkan di depan kelas, siswa wajib menggunakan seragam praktik perkantoran.

8.    Tugas dan Langkah Kerja
Tugas Pertama:
a.    Analisislah percakapan dari video yang telah didapatkan.
b.    Ketik teks percakapan dari video tersebut dengan rapi.
c.    Praktikkan secara berpasangan di depan kelas.
Tugas Kedua:
a.    Buatlah suatu teks percakapan dengan masing-masing lawan bicara (dengan atasan, sederajat, bawahan, dan klien).
b.    Peragakanlah cara menerima telepon dengan lawan bicara:
1)      Dengan atasan
2)      Dengan sederajat
3)      Dengan bawahan
4)      Dengan klien
9.    Penilaian
Ø  Penilaian Kognitif
No.
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
2.
3.
Penggunaan bahasa yang formal
Pelafalan intonasi
Respon dalam menerima telepon





Jumlah





Ø  Penilaian psikomotor
No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
2.
Cara memegang telepon
Mencatat pesan dari penelepon





Jumlah





Ø  Penilaian afektif
No
Pernyataan
Skala
Sl
Sr
Jr
Tp
1.
2.
Penggunaan bahasa yang sopan
Berbicara dengan senyum





Jumlah







Keterangan :          
Aspek yang Dinilai
Skor Positif
.   Sl = Selalu   
2. Sr = Sering
j   Jr  = Jarang
3. Tp = Tidak Pernah
4
3
2
1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar